Jakarta, 12 Desember 2024 – Melalui
Program Kolaborasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT Perusahaan
Perdagangan Indonesia (PPI) member of ID FOOD bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor
Indonesia (LPEI) menggelar Program UMKM Level Up dengan memberikan pelatihan ekspor untuk
meningkatkan kualitas dan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram pada Rabu, (11/12/2024).
Kegiatan ini diikuti oleh 56 pelaku UMKM
dari berbagai sektor, diantaranya makanan dan kerajinan tangan, yang
menghadirkan narasumber yakni Kepala Divisi Perdagangan Internasional dan
Pemasaran PT PPI, Joyce Josephine dan Praktisi Ekspor, Linda Ivone Manuputty.
Melalui kegiatan ini, peserta pelatihan diberikan pemahaman secara mendalam
mengenai aktivitas ekspor, tata cara pelaksanaan dan dokumen yang dibutuhkan,
cargo handling serta strategi internet marketing dalam memperkenalkan produk.
Program UMKM Level Up ini juga dikenal
sebagai Coaching Program for New Exporter (CPNE). "Kolaborasi PT PPI dan
LPEI tidak hanya menjadi komitmen perusahaan dalam mendukung UMKM untuk naik
kelas, tetapi juga sebagai upaya untuk memberikan pemahaman komprehensif
mengenai tantangan dan peluang yang ada dalam kegiatan ekspor. Melalui kegiatan
ini, kami ingin melihat kesiapan dan kebutuhan UMKM untuk menembus pasar
global," ucap Direktur Utama PT PPI, S. Hernowo.
Pada kegiatan pelatihan ini, juga
diselenggarakan aktivitas business
matching yang mempertemukan pelaku UMKM dengan calon pembeli potensial yang
berasal dari Hong Kong. Aktivitas ini diharapkan dapat membuka peluang kerja
sama bisnis yang strategis dalam memperluas jangkauan pasar internasional bagi
UMKM.
Sebelumnya, Program UMKM Level Up ini telah dilaksanakan di Malang dan Denpasar. Sepanjang tahun 2024, kolaborasi antara PT PPI dan LPEI telah memberikan pelatihan ekspor kepada 131 pelaku UMKM. PT PPI optimis kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam mendukung pemberdayaan UMKM, pengembangan potensi dan menjangkau pasar yang lebih luas.