PT Perusahaan Perdagangan Indonesia Member of ID Food (PPI)
berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 yang berlangsung pada 19
Oktober - 23 Oktober 2022, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City,
Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.
Untuk mengakselerasi pemulihan ekspor dalam masa pandemi COVID-19,
TEI 2022 mengangkat tema “Strengthening Global Trade for Stronger Recovery”.
Bersama Presidensi G20 Indonesia yang mengusung tema, “Recover Together,
Recover Stronger”, Indonesia mengambil peran penting dalam menjaga momentum
pemulihan dengan memastikan stabilitas finansial global.
Bertujuan menjadi tolok ukur dalam melaksanakan pameran
perdagangan pada masa pandemi COVID-19, TEI 2022 berkomitmen untuk
membangkitkan sektor perdagangan dan ekspor Indonesia, yang juga akan
memberikan pengaruh positif pada ekonomi global.
PPI memanfaatkan TEI yang selama bertahun-tahun telah memposisikan
diri sebagai ikon pameran terkemuka berskala internasional yang konsisten
mempromosikan potensi produk dan jasa Indonesia ke pasar internasional. Melalui
TEI, pelaku industri, termasuk PPI, berkesempatan menjajaki peluang memasarkan
produknya ke mancanegara terutama dengan kehadiran buyer internasional,
investor, serta jejaring perwakilan RI di TEI, menciptakan koneksi berharga
untuk memperluas jaringan calon rekan bisnis dan melakukan diskusi lebih lanjut
yang dapat menghasilkan transaksi.
Selama pameran berlangsung, diselenggarakan pula beberapa kegiatan
pendukung seperti penandatanganan kerja sama dagang antarnegara; Trade,Tourism,
and Investment (TTI), forum yang membahas banyak sekali isu terkini dalam dunia
dagang internasional; penjajakan kesepakatan bisnis (business matching); dan
konseling bisnis (business counseling), untuk meningkatkan perdagangan,
pariwisata, dan investasi ke pasar internasional lainnya, yang diharapkan mampu
meningkatkan nation branding Indonesia di luar negeri, khususnya PPI, yang
merefleksikan kesiapan Indonesia untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan
berbagai negara.Di dalam TEI, PPI menampilkan produk seperti komoditi coffee,
tea, chocolate, coconut shelhell charcoal, briquette, hardwood charcoal,
dessicated coconut, horticulturalal, spices dan komoditi lainnya yang juga bisa
dilihat melalui e-catalogue.
“Kami sangat mengapresiasi komitmen Kementerian Perdagangan yang
konsisten menyelenggarakan Trade Expo Indonesia untuk untuk membangkitkan
sektor perdagangan dan ekspor Indonesia, yang juga akan memberikan pengaruh
positif pada ekonomi global. PPI sendiri terus meningkatkan usaha untuk
mendorong kinerja ekspor Indonesia,” ujar Andry Tanudjaja, Direktur Komersial
& Pengembangan PPI.
Pada gelaran TEI kali ini, PPI melaksanakan business matching dengan
beberapa negara Afrika, Rusia, Taiwan, dan Singapura untuk kerja sama komoditi
kopi, kelapa dan turunannya, gula aren, dan produk fresh seperti sayur dan
buah. PPI juga melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)
bersama pihak Mesir ihwal ekspor kopi ke Pasar Mesir.
Trade Expo Indonesia memang menjadi sumber informasi bagi importir
dalam mengakses dan mengenal produk Indonesia, serta memberikan kesempatan yang
baik untuk exporter untuk memperluas jangkauannya di pasar internasional.
PPI sendiri beberapa waktu belakangan mengekspor produk dan komoditi ke negara-negara seperti Taiwan, Timor Leste, Singapura, Sri Lanka dan Mesir.