Nomor : 071/Setper/SP.H&K/PPI/XII/2022
PT Perusahaan Perdagangan
Indonesia/ PPI member of ID Food lakukan akselerasi transformasi bisnis dan
budaya menuju perusahaan trading dan logistik yang terdigitalisasi. Sesuai
dengan arahan Erick Thohir, PPI memiliki peran dalam mendukung terbentuknya
ekosistem pangan untuk mencapai kedaulatan pangan Indonesia, dengan memastikan
rantai pasok produksi dari hulu ke hilir berjalan secara sistematis dan stabil
dalam memenuhi ketersediaan dalam negeri, serta berperan untuk kebutuhan pangan
dunia.
Penguatan ekosistem pangan
nasional menjadi hal vital bagi Indonesia, sejalan dengan hal tersebut PT PPI
dalam perannya berupaya meningkatkan inklusivitas petani, peternak, nelayan dan
UMKM melalui pengembangan kapabilitas bisnis sebagai perusahaan trading
logistik. Saat ini, PPI tengah melakukan pengembangan ekspor, dalam fungsinya
sebagai ekspor gateway dan key account holder untuk kegiatan
trading holding pangan.
Sepanjang
tahun 2022, PPI secara regular melakukan ekspor kopi ke Mesir berdasarkan
kontrak kerja sama yang telah disepakati, tercatat PPI berhasil ekspor sebanyak
237,06 ton atau senilai 7,1 miliar, hal ini menjadi sebuah langkah dalam
menciptakan kekuatan ekonomi dan memperluas akses pasar produk Indonesia.
Adapun kopi yang diekspor merupakan kopi produksi petani lokal Indonesia, dalam
menjalankan peran PPI sebagai offtaker
kopi dari petani dan sebagai eksportir dalam rangka untuk terus mendukung industri
kopi dalam negeri agar mampu bersaing secara global.
Hal ini
didukung dengan tersedianya program pendampingan kepada petani dan penyediaan
digital platform dalam upaya pembentukan ekosistem petani kopi sesuai arahan
Erick Thohir dengan kolaborasi PMO Kopi dan Agree melalui Telkom
Indonesia. PPI juga melakukan penyerapan ayam hidup (livebird) dari peternak
mandiri di wilayah Jawa Barat sebagai upaya stabilisasi perunggasan dan
kesejahteraan peternak.
Mendukung
stabilisasi harga minyak goreng, PPI secara konsisten dan berkelanjutan
mendistribusikan minyak goreng di seluruh wilayah Indonesia dengan bersinergi
dengan berbagai lembaga pemerintah secara efektif dan efisien. Dalam tahun 2022
PPI mendapat kepercayaan untuk mendistribusikan minyak goreng selama harga
minyak melambung di dalam negeri. PPI bersama PT BGR Logistik Indonesia subsidiary
of PPI bersinergi menciptakan end to end services menyalurkan minyak
goreng secara langsung di pasar dan melalui mitra Warung Pangan. Selain itu, PPI
melakukan diversifikasi produk minyak goreng dengan merk Mamamia dan Liva.
Penyediaan
produk-produk pangan ID Food Group dapat diperoleh melalui aplikasi Warung
Pangan (WP) yang telah terintegrasi dengan jumlah ketersediaan stok produk di
gudang. Aplikasi WP adalah aplikasi yang dimanfaatkan oleh pelaku UMKM pemilik
warung untuk berbelanja dalam memenuhi ketersediaan stok produk pangan di
warung mereka. Aplikasi ini terus menerus mengalami pemutakhiran fitur-fitur
yang mudah digunakan dan membantu pemilik warung dalam pengaplikasiannya. Saat
ini PPI berhasil memperluas jangkauan Warung Pangan sampai sebanyak 80.438
mitra di seluruh Indonesia.
“Saat ini, PPI sedang
mengalami era yang sangat dinamis dalam proses transformasi bisnis dan budaya
untuk menyongsong perubahan fase ke arah digital, sehingga diperlukan perubahan
perilaku dan bisnis proses menuju sudut pandang outside (memahami
keinginan costumer), creative & collaboration serta agile
leadership.” Ucap Nina Sulistyowati Direktur Utama PT PPI.
Roadmap PPI sebagai
end-state trading Holding BUMN Pangan sekaligus fungsi logistik melalui PT BGR
Logistik Indonesia subsidiary of PPI secara berkelanjutan
menginternalisasikan core values AKHLAK untuk mencapai corporate culture
melalui program-program sharing knowledge yaitu PPI Pembelajar (PPIJar), Ulas
Transformasi (ULTRA), Expert Berbicara (EXTRA) dan peluncuran change agent yang menjadi penggerak
proses transformasi budaya secara keseluruhan di lingkungan kerja PPI.