PT Perusahaan Perdagangan
Indonesia/PPI member of ID Food melakukan refreshment melalui pelatihan yakni
Impactfull Communications Skills Training terkait komunikasi efektif untuk
meningkatkan kompetensi BOD-1 di lingkungan PT PPI, pada Sabtu, 16 Juli 2022 di
Graha PPI, Jakarta.
Pelatihan yang bersifat
wajib bagi BOD-1 ini, menghadirkan Erwin Perengkuan sebagai trainer untuk
memberikan insight dan keterampilan berkomunikasi yang efektif. Beliau
merupakan founder dan CEO Talkinc, yang merupakan institusi pendidikan yang
berfokus pada pengembangan keahlian berkomunikasi.
"Untuk menjaga sebuah
keharmonisan dan upaya mendongkrak kapabilitas trading logistik di lingkungan
PPI, communication skills menjadi hal utama yang harus senantiasa kita
kembangkan dalam aktivitas keseharian kita. Pentingnya pelatihan ini bagi
setiap BOD-1 adalah sebagai sebuah upaya untuk membangun kolaborasi team
work yang solid di lingkungan PT PPI," disampaikan Wien Irwanto,
Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, SDM dan Umum.
Erwin dalam paparannya
mengungkapkan untuk mencapai komunikasi efektif cara yang kita gunakan untuk
berkomunikasi didominasi oleh 70% melalui visual yaitu 60% body language
dan 10% total look, 20% voice dan 10% dipengaruhi oleh words.
Dalam proses penyusunan pesan yang terdiri dari opening, content dan closing
masing masing memiliki porsi 10%, 70% dan 20%.
Opening (pembukaan) adalah
struktur awal dalam proses penyampaian pesan yang dikenal dengan istilah GISI
(Greetings, Introduction, Storytelling dan Introduction). Selanjutnya
adalah content (isi), merupakan materi yang akan dibahas, dengan struktur What
Define (apa yang akan dibahas dengan menyajikan data), So Explore
(pembahasan lebih mendalam) dan Now Decide (mengajak pendengar untuk
berpikir terhadap materi pembahasan).
Dan diakhiri oleh closing
(penutup), yang terdiri dari summary (ringkasan pembahasan), recap
(opini pribadi dari pembahasan), dan punchline (ajakan/ inspirasi yang
disampaikan untuk mendapatkan outcome dari pendengar).
Berangkat dari hal
tersebut, visual menjadi hal yang paling penting dalam berkomunikasi.
Sebab, orang-orang akan membentuk persepsi berdasarkan tampilan visual yang
kita perlihatkan. Pemilihan pakaian yang digunakan menjadi identitas yang
menggambarkan perusahaan, rasa percaya diri dan penampilan sosial yang memunculkan
persepsi masyarakat dari pakaian yang digunakan.
Fashion identity diklasifikasikan gaya classic, edgy,
dan modern. Kesadaran akan mode ini menjadi hal menarik untuk dibahas, mulai
dari pemilihan warna pakaian, bahan yang digunakan, perpaduan atasan dan
bawahan dan pola/corak busana yang digunakan.
Tanpa pengelompokan genre,
laki-laki dan perempuan dituntut untuk melakukan perawatan diri, yang pada
intinya menampilkan kebersihan dan kerapian, yang akan mendorong rasa percaya
dalam berkomunikasi.
Training yang dilaksanakan ini merupakan salah satu
dari program PIJAR yaitu PPI Belajar yang berupakan program training yang
dilakukan secara berkelanjutan. Tentu program ini diharapkan mampu memberikan
sudut pandang baru untuk para BOD-1 dalam meningkatkan kemampuan komunikasi
secara efektif, hal ini sangat penting dalam melakukan negosiasi dan closing
transaksi bisnis perusahaan. Program selanjutnya akan diberikan kepada level
BOD-2 dan seterusnya secara bertahap.