Warung Pangan PPI & Nasabah Mekaar Tak Berhenti Giatkan Inklusivitas UMKM

Nomor : 063/Setper/SP.H&K/PPI/X/2022

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia member of ID Food (PPI) tak henti-hentinya melakukan transformasi sinergi pengembangan Program Warung Pangan kepada nasabah Mekaar PT Permodalan Nasional Madani.

Kolaborasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha para nasabah Mekaar dengan memanfaatkan program Warung Pangan. Kali ini sosialisasi dilakukan kepada anggota Klasterisasi Unit Mekaar Jakarta. Pada Oktober ini, sinergi dilakukan menyasar ibu-ibu yang berada di daerah Jagakarsa, Kebayoran Lama, Kampung Makassar, Kramat Jati, Pinang Pola, Kaca Piring, Batu Ampar, Kampung Pulo Asri, dan lain-lain.

Aplikasi Warung Pangan milik PPI merupakan sebuah terobosan dalam membangun ekosistem pangan terintegrasi. Warung Pangan merupakan program inisiatif strategis PPI yang didukung Kementerian BUMN dan Kementerian Perdagangan dalam meningkatkan inklusivitas warung atau UMKM dengan kemudahan akses distribusi dan transaksi digital melalui aplikasi Warung Pangan.

Warung Pangan memiliki misi untuk menjadikan e-commerce enabler bagi pemberdayaan di bidang pangan dengan menyediakan produk pangan dan nonpangan yang berkualitas dan terjangkau. Perkembangan kemitraan saat ini sudah mencapai kurang lebih 80 ribu mitra dan angka ini akan terus bertambah karena banyak tawaran kerja sama dari berbagai organisasi mulai dari koperasi hingga UMKM.

PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) sendiri merupakan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

UMKM yang menjadi mitra Warung Pangan, termasuk para nasabah Mekaar, mendapatkan layanan dengan menjadi saluran distribusi pangan bagi produk BUMN holding pangan di bawah ID Food kepada masyarakat dan menciptakan ekosistem pangan yang terdigitalisasi dari hulu hingga hilir.

Sinergi antara Warung Pangan dan Mekaar ini merupakan kolaborasi yang sangat apik yang sejalan dengan komitmen Pemerintah yang ingin memudahkan UMKM dan membuka lapangan kerja baru. Pada saat ini PPI memiliki kurang lebih 80 ribu Mitra Warung di 20 provinsi di seluruh Indonesia. Hal ini meyakinkan PPI bahwa kontribusi terhadap inklusivitas UMKM di Indonesia dapat terus ditingkatkan, seiring dengan potensi peningkatan pengguna digital di kalangan masyarakat.

ARTIKEL TERKAIT

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT